Kamis, 05 Februari 2009

Manfaat Jaringan Komputer

Banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dalam suatu jaringan komputer.

1. Jaringan komputer memungkinkan seseorang dapat mengakses file yang dimilikinya (upload) atau file orang lain yang telah diizinkan untuk diakses (download), dimana pun dan kapan pun.
2. jaringan komputer memungkinkan proses pengiriman data dapat berlangsung cepat dan efisien.
3. jaringan komputer memungkinkan adanya sharing hardware antar client-nya.
4. jaringan komputer memungkinkan seseorang berhubungan dengan orang lain di berbagai negara dangan berupa teks, gambar, audio, dan video secara real time.
5. jaringan komputer dapat menekan biaya operasional, seperti pemakaian kertas, pengiriman surat atau berkas, telepon serta pembelian hardware jaringan.

Setiap lapis (layer) dari model open system interconnection (OSI) dapat mewakili sebuah porsi yang berbeda dari momunikasi. Model referensi OSI menjadi standar internasional untuk sebuah komunikasi jaringan pada tahun 1984. untuk itu, badan dunia yang menangani masalah standardisasi ISO (Internasional Standardization Organization) membuat aturan baku yang dikenal dengan nama model referensi OSI. Dengan demikian, diharapkan semua penjual (vendor) perangkat telekomunikasi berpedoman pada model referensi tersebut dalam mengembangkan protokolnya.
  Model referensi OSI terdiri dari 7 lapisan, dari lapisan fisik sampai aplikasi. Model referensi ini tidak hanya berguna untuk produk-produk LAN, tetapi juga pada saat membangun jaringan internet yang sangat diperlukan. Hubungan antara model referensi OSI dengan protokol internet bisa dilihat pada Tabel hubungan referensi model OSI dengan protokol TCP/IP.

0 komentar:

Posting Komentar